Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

Minggu, 13 Januari 2013

Widgets

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama                             :Akbar Ahmatu

Nim                      :G000 100 187

Nama Sekolah      :MAN I Surakarta

Mata Pelajaran     :Al-Hadits

Kelas/Semester     :11 (seblas)/Gasal

Pertemuan Ke       :4 (Empat)

Alokasi Waktu     :45 menit

Standar Kompetensi   : Siawa dapat memahami Hadits-hadits yang berkaitan dengan akhlak mahmudah.



Kompetensi Dasar       :- Siswa dapat menjelaskan isi kandunagn hasdits tentang akhlak mahmudah

-          Siswa dapat membaca hadits tentang akhlak mahmudah dengan benar.

-          Siswa dapat mengimplementasikan isi kandungan hadits dalam kehidupan sehari-hari.

       I.            Indikator         :-   Siswa dapat membaca hadits dengan benar

-          Siswa dapat menyebutkan contoh-conth akhlak mahmudah.

-          Siwa dapat menerapkan akhlak-akhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari.

                                     

    II.            Materi Ajar      :  Hadits Shahih Bukhari Muslim tentang Akhlak Mahmudah.



 III.            Metode Pembelajaran :

Ø  Diskusi kelompok

Ø  Ceramah Interktif.



 IV.            Langkah-Langkah Pembelajaran:

A.    Kegiatan Awal:

1.      Guru memberikan salam dan siswa menjawabnya.

2.      Guru dan siswa membaca basmalah bersama sebagai pembuka pertemuan.

3.      Guru mengabsen siswa.

4.      Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari (prolog).

B.     Kegiatan Inti:

5.      Guru menginstruksikan agar siswa membentuk kelompok, dan setiap kelmpok terdiri dari tiga siswa.

6.      Guru membagikan materi tiap kelompok berdasarkan kata gori materi.

7.      Guru meminta siswa untuk membaca dan mencermati materi yang telah dibagikan.

8.      Guru meminta siswa untuk menyampaikan ide pokok materi tiap kelompok.

C.     Kegiatan Akhir:

9.      Guru mempersilahkan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

10.  Guru menjelaskan ulang materi pembelajaran yang telah disampaikan.

11.  Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

12.  Guru memberikan pesan atau motivasi terhadap siswa.

13.  Guru menutup dan mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah.

14.  Guru memberikan salam dan siswa menjawab.









    V.            Alat / Bahan / Sumber Belajar:

Kitab Shahih Bukhari Muslim

Makalah

Buku paket

Buku penunjang lainnya.



 VI.            Penilaian: 

Tes lisan

Tes tulisan

                        







Surakarta, 17 Januari 2013

                                                                                                            Guru Mata Pelajaran





                                                                                                               ( Akbar Ahmatu )                                                                                                                               NIP.



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama                             :Akbar Ahmatu

Nim                      :G000 100 187

Nama Sekolah      :MAN I Surakarta

Mata Pelajaran     :Al-Hadits

Kelas/Semester     :11 (seblas)/Gasal

Pertemuan Ke       :1 (pertama)

Alokasi Waktu     :45 menit

Standar Kompetensi   : Siawa dapat memahami Hadits-hadits yang berkaitan dengan aqidah



Kompetensi Dasar       :- Siswa dapat menjelaskan isi kandunagn hasdits tentang aqidah (iman, Islam dan ikhsan)

-          Siswa dapat membaca hadits tentang aqidah dengan benar.

-          Siswa dapat mengimplementasikan isi kandungan hadits dalam kehidupan sehari-hari.

I.       Indikator               :-   Siswa dapat membaca hadits dengan benar

-          Siswa dapat mengetahui makna iman, Islan dan ikhsan.

-          Siwa dapat mengimplimentasikan makna iman, Islam dan ikhsan dalam kehidupan sehari-hari.

                                     

II.    Materi Ajar            :  Hadits Shahih Bukhari Muslim tentang Aqidah (Iman,Islam dan Ikhsan). 

III. Metode Pembelajaran       :

Ø  Ceramah Interaktif

Ø  Modifikasi True or False



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran:

    Kegiatan Awal:

1.      Guru memberikan salam dan siswa menjawabnya.

2.      Guru dan siswa membaca basmalah bersama sebagai pembuka pertemuan.

3.      Guru mengabsen siswa.

4.      Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari (prolog).

    Kegiatan Inti:

1.      Guru membacakan materi hadits dan siswa mendengarkan.

2.      Guru menyuruh siswa untuk mengulangi membaca hadits.

3.      Guru menterjemahkan hadits dan siswa diminta untuk  mencermati dan memahminya.

4.      Guru memberikan penjelasan seperlunya tentang isi hadits.

5.      Guru memberikan potongan kertas pada siswa yang berisi pernyataan benar/salah.

6.      Siswa diminta untuk mencermati pernyataan tersebut kemudian memposisikan diri sesuai kata gori yang ia baca dalam kertas tersebut.

7.      Sebelumnya guru telah menentukan tempat tiap pernyataan yang benar atau salah.

8.      Klarifikasi pernyataan bersama yang dibimbing oleh guru.

    Kegiatan Akhir:

1.      Guru mempersilahkan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2.      Guru menjelaskan ulang materi pembelajaran yang telah disampaikan.

3.      Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

4.      Guru memberikan pesan atau motivasi terhadap siswa.

5.      Guru menutup dan mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah.

6.      Guru memberikan salam dan siswa menjawab.





V.    Alat / Bahan / Sumber Belajar:

Kitab Shahih Bukhari Muslim

Makalah

Potongan kertas.

Buku paket

Buku penunjang lainnya.



VI. Penilaian: 

 Tes lisan

 Tes tulisan

                        







Surakarta, 17 Januari 2013

                                                                                                            Guru Mata Pelajaran





                                                                                                               ( Akbar Ahmatu )                                                                                                                                NIP.































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama                             :Akbar Ahmatu

Nim                      :G000 100 187

Nama Sekolah      :MAN I Surakarta

Mata Pelajaran     :Al-Hadits

Kelas/Semester     :11 (seblas)/Gasal

Pertemuan Ke       :2 (Dua)

Alokasi Waktu     :45 menit

Standar Kompetensi   : Siawa dapat memahami Hadits-hadits yang berkaitan dengan Aqidah (Dosa-dosa besar)

Kompetensi Dasar       :- Siswa dapat menjelaskan isi kandunagn hasdits tentang Aqidah (Dosa-dosa besar)

-          Siswa dapat membaca hadits tentang Aqidah (Dosa-dosa besar) dengan benar.

-          Siswa dapat mengimplementasikan isi kandungan hadits dalam kehidupan sehari-hari (menjauhi dosa-dosa besar).

I.       Indikator   :-   Siswa dapat membaca hadits dengan benar

-          Siswa dapat menyebutkan contoh dosa-dosa besar.

-          Siwa dapat menjauhi dosa-dosa besar.

                                     

II.    Materi Ajar:  Hadits Shahih Bukhari Muslim tentang Aqidah (Dosa-dosa besar).

III. Metode Pembelajaran       :

Ø  Ceramah Interaktif

Ø  Card Sort



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran:

A.    Kegiatan Awal:

1.      Guru memberikan salam dan siswa menjawabnya.

2.      Guru dan siswa membaca basmalah bersama sebagai pembuka pertemuan.

3.      Guru mengabsen siswa.

4.      Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari (prolog).

B.     Kegiatan Inti:

5.      Guru membagikan kartu indeks yang berisi informasi atau contoh yang tercakup satu atau lebih kategori kepada siswa.

6.      Guru meminta siswa untuk begerak dan berkeliling di dalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama.

7.      Siswa dengan kategori yang sama diminta untuk mempersentasikan kategori masing-masing di depan kelas.

8.      Guru memberikan klarifikasi dan butir-butir penting berkaitan dengan materi yang disampaikan.

C.     Kegiatan Akhir:

9.      Guru mempersilahkan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

10.  Guru menjelaskan ulang materi pembelajaran yang telah disampaikan.

11.  Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

12.  Guru memberikan pesan atau motivasi terhadap siswa.

13.  Guru menutup dan mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah.

14.  Guru memberikan salam dan siswa menjawab.



V.    Alat / Bahan / Sumber Belajar:

Kitab Shahih Bukhari Muslim

Makalah

Potongan kertas.

Buku paket

Buku penunjang lainnya.



VI. Penilaian:

Tes lisan

Tes tulisan

                        









Surakarta, 17 Januari 2013

                                                                                                            Guru Mata Pelajaran





                                                                                                               ( Akbar Ahmatu )                                                                                                                                NIP.











































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama                             :Akbar Ahmatu

Nim                      :G000 100 187

Nama Sekolah      :MAN I Surakarta

Mata Pelajaran     :Al-Hadits

Kelas/Semester     :11 (seblas)/Gasal

Pertemuan Ke       :3 (Tiga)

Alokasi Waktu     :45 menit

Standar Kompetensi   : Siawa dapat memahami Hadits-hadits yang berkaitan dengan ibadah (wudhu, mandi dan tayamum).



Kompetensi Dasar       :- Siswa dapat menjelaskan isi kandunagn hasdits tentang ibadah (wudhu, mandi dan tayamum).

-Siswa dapat membaca hadits tentang ibadah (wudhu, mandi dan tayamum). dengan benar.

-          Siswa dapat mengimplementasikan isi kandungan hadits dalam kehidupan sehari-hari.

I.       Indikator   :-   Siswa dapat membaca hadits dengan benar

-          Siwa dapat menyebutkan anggota badan yang harus dibasuh/diusap ketika wudhu, mandi dan tayamum.

-          Siswa dapat mempraktekkan berwudhu, mandi dan tayamum dengan benar.

                                     

II.    Materi Ajar :Hadits Shahih Bukhari Muslim tentang ibadah (wudhu, mandi dan tayamum).



III. Metode Pembelajaran       :

Ø  Ceramah Interaktif

Ø  Power Of Two



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran:

A.    Kegiatan Awal:

1        Guru memberikan salam dan siswa menjawabnya.

2        Guru dan siswa membaca basmalah bersama sebagai pembuka pertemuan.

3        Guru mengabsen siswa.

4        Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari (prolog).

B.     Kegiatan Inti:

5        Guru mengajukan satu atau lebih prtanyaan, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan tersebut secara individual.

6        Setelah semua siswa menjawab dengan lengkap, guru meminta siswa untuk berpasangan dan saling bertukar jawaban satu dengan yang lainnya dan membahasnya.

7        Guru meminta pasangan-pasangan tersebut membuat jawaban baru untuk setiap pertanyaan, sekaligus memperbaiki jawaban individual mereka.

8        Ketika semua pasangan telah menulis jawaban-jawaban baru bandingkan jawaban  setiap pasangan di dalam kelas.

C.     Kegiatan Akhir:

9        Guru mempersilahkan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

10    Guru menjelaskan ulang materi pembelajaran yang telah disampaikan.

11    Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

12    Guru memberikan pesan atau motivasi terhadap siswa.

13    Guru menutup dan mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah.

14    Guru memberikan salam dan siswa menjawab.



V.    Alat / Bahan / Sumber Belajar:

Kitab Shahih Bukhari Muslim

Makalah

Buku paket

Buku penunjang lainnya.



VI. Penilaian: 

Tes lisan

Tes tulisan

                        







Surakarta, 17 Januari 2013

                                                                                                            Guru Mata Pelajaran





                                                                                                               ( Akbar Ahmatu )                                                                                                                                NIP.































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama                             :Akbar Ahmatu

Nim                      :G000 100 187

Nama Sekolah      :MAN I Surakarta

Mata Pelajaran     :Al-Hadits

Kelas/Semester     :11 (seblas)/Gasal

Pertemuan Ke       :5 (lima)

Alokasi Waktu     :45 menit

Standar Kompetensi   : Siawa dapat memahami Hadits-hadits yang berkaitan dengan akhlak madzmumah.



Kompetensi Dasar       :- Siswa dapat menjelaskan isi kandunagn hasdits tentang akhlak madzumah

-          Siswa dapat membaca hadits tentang akhlak madzmumah dengan benar.

-          Siswa dapat mengimplementasikan isi kandungan hadits dalam kehidupan sehari-hari (menjauhi akhla-akhlak mazdmumah).

I.       Indikator   :-   Siswa dapat membaca hadits dengan benar

-          Siswa dapat menyebutkan contoh-conth akhlak madzmumah.

-          Siwa dapat menjauhi akhlak-akhlak madzumah.

                                     

II.    Materi Ajar            :  Hadits Shahih Bukhari Muslim tentang Akhlak Madzmumah.



III. Metode Pembelajaran       :

Ø  Active Debate.



IV. Langkah-Langkah Pembelajaran:

A.    Kegiatan Awal:

1        Guru memberikan salam dan siswa menjawabnya.

2        Guru dan siswa membaca basmalah bersama sebagai pembuka pertemuan.

3        Guru mengabsen siswa.

4        Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dipelajari (prolog).

B.     Kegiatan Inti:

5        Guru memberikan pernyataan kontroversial yang berkaitan dengan materi.

6        Guru membagi kelas menjadi dua tim pro dan kontra.

7        Guru memberikan kesempatan pada salah satu kelompok sebagi argument pembuka dengan batas waktu yang ditentukan.

8        Guru memberikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan sanggahan argumen dengan waktu yang ditentukan pula.

9        Pada saat yang tepat guru mengakhiri perdebatan, tidak perlu menentukan kelompok mana yang menang.

10    Siswa diminta untuk duduk melingkar secara berintegrasi berdampingan dengan mereka yang berada di kelompok lawan.

C.     Kegiatan Akhir:

11    Guru mempersilahkan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

12    Guru menjelaskan ulang materi pembelajaran yang telah disampaikan.

13    Guru menyimpulkan materi pembelajaran.

14    Guru memberikan pesan atau motivasi terhadap siswa.

15    Guru menutup dan mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah.

16    Guru memberikan salam dan siswa menjawab.





V.    Alat / Bahan / Sumber Belajar:

Kitab Shahih Bukhari Muslim

Makalah

Buku paket

Buku penunjang lainnya.



VI. Penilaian: 

Tes lisan

Tes tulisan

                        











Surakarta, 17 Januari 2013

                                                                                                            Guru Mata Pelajaran





                                                                                                               ( Akbar Ahmatu )                                                                                                                               NIP.































TUGAS

PENYUSUNAN

 “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)”

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Al-Hadits.

Pengampu : Dra. Chusniatun, M.Ag





   


























Disusun oleh



Akbar Ahmatu:  G 000 100 187



JURUSAN TARBIYAH

FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

2013

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →